Rustian Terpilih jadi Ketum IKA Unand, Mahyeldi: Jadilah Perekat Alumni

Rustian Terpilih jadi Ketum IKA Unand, Mahyeldi: Jadilah... Malam Gala Dinners Kongres VI IKA Unand terapkan Protokol Kesehatan, Jumat malam bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (foto : dok/ikaunand)

PADANG - Heboh dan hingar- bingar Kongres VI IKA Unand Sabtu (7/8/2021) lalu masih terasa hingga Minggu malam ini.

Direktur BNPB, Rustian jadi Ketua Umum DPP IKA Unand dengan suara terbanyak, alumnus Farmasi Unand ini mengalahkan enam Calon Ketua Umum (Caketum) DPP IKA Unand lainnya.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi malam sehari sebelum Kongres IV menyampaikan, enam Caketum yang maju adalah alumni terbaik Unand.

"Siapa pun yang menjadi ketua, mau dipilih aklamasi atau voting maka itulah Ketum dari 130 ribu lebih alumni Unand yang tersebar di berbagai belahan bumi ini," ujar Mahyeldi, Jumat (7/8/2021) malam.

Harus diakui, Kongres VI IKA Unand Sabtu itu adalah potret demokrasi kekinian yang digelar hybrid karena PPKM Level 4 di Padang. Ada 35 suara sah menentukan IKA Unand Satu, juga berujung pada voting meski setelah jalan musyawarah mufakat buntu.

Rustian akhirnya menang suara, dia meraup suara terbanyak, tapi Mahyeldi berharap Ketua Umum terpilih harus menempatkan diri sebagai figur perekat.

"Selamat Pak Rustian, jadilah Ketum yang mampu merekat potensi luar biasa dimiliki alumni Unand, Pemprov Sumbar siap bersinergi dan berkolaborasi dengan IKA Unand untuk majukan Sumbar dan sejahterakan masyarakatnya," ujar Mahyeldi, Minggu malam.

Selain itu, Mahyeldi mengajak lima Caketum lain, untuk bergandengan tangan dengan Ketum IKA Unand terpilih.

"Mari lupakan konstetasi. Alumni Unand harus solid untuk Kedjajaan Bangsa," ujar Mahyeldi.

Bahkan, saat Ketua Umum DPP IKA FH Unand Adityawarman bertanya Jumat siang ke Gubernur Sumbar, "Kok Pak Mahyeldi tidak maju Caketum IKA Unand."

Mahyeldi buka suara dengan alasan simple tapi mengena. "Untuak apo ambo maju lai, Pak Aditya. Kalau soal komitmen saya ke Unand, sudah saya sampaikan ke Rektor."

"Tidak kuat kalau satu Mahyeldi memajukan Unand, tapi jika figur lain jadi Ketua Umum DPP IKA Unand, maka kekuatan untuk membantu Unand njadi double. Kalau saya sudah jelas dan pasti membantu Unand," ujar Mahyeldi.

Sementara, Ketua Umum IKA FISIP Unand, Khairul Ikhwan mengapresiasi pelaksanaan Kongres VI IKA Unand Sabtu kemarin. Khairul selaku Caketum mengikuti lewat zoom meeting.

Sehari usai Rustian terpilih sebagai Ketua Umum DPP IKA Unand dan bersama 8 mide formatur, akan menyusun kepengurusan DPP IKA Unand 2021-2025, Khairul Ikhwan meirilis pantun.

Sang aktor bamain peran

Banyak gaya nan dimainkan

Saatnya kito babagi peran

Tuk gadangkan IKA UNAND

Ramo-ramo si kumbang jati

Hinggok randah dakek peti

Siapo pun Ketua nan jadi

IKA UNAND samakin tinggi

"Selamat memgemban amanah Pak Rustian, semoga makin maju IKA Unand, Insya Allah makin jaya Unand kita," ujar Khairul Ikhwan. (rilis: hms/oc-kongres6)