Rustian Terpilih jadi Ketua Umum IKA Unand Periode 2021-2025

Rustian Terpilih jadi Ketua Umum IKA Unand Periode 2021-2025 Ketua Komite Pengarah, Insannul Kamil memberikan laporan saat penutupan Kongres VI IKA Unand yang dihadiri Wagub Sumbar, Audy Joinaldy, Sabtu malam. Terpilih, jadi ketua umum periode 2021-2025, Rustian yang juga ketua IKA Farmasi. (humas)

PADANG - Ketua Umum DPP IKA Farmasi Unand, Rustian terpilih sebagai ketua umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Andalas (DPP IKA Unand) periode 2021-2025 pada Kongres VI yang digelar secara hybrid di Padang, Sabtu.

Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB itu terpilih, melalui mekanisme voting yang digelar secara langsung dan daring dengan perolehan 17 dari total 35 suara peserta kongres, yang penutupannya oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy.

"Berdasarkan penghitungan online dan off line, Deny B Latif meraih 2 suara, Imelda Sari (2 suara), Khairul Ikhwan (0 suara), Rustian (17 suara), Suharman Noerman (0 suara) dan Surya Tri Harto (14 suara). Total suara 35, sah," ujar Ketua Komite Pengarah Kongres VI, Yul Akhyari Sastra usai penghitungan.

Sebelumnya, peserta kongres sempat jalani perdebatan alot tentang proses pemilihan Caketum DPP IKA Unand. Akhirnya, mekanisme voting jadi pilihan setelah mekanisme musyawarah mufakat gagal disepakati para kandidat ketua umum.

Pimpinan sidang pleno 4 Kongres VI IKA Unand, Shadiq Pasadique didampingi Teddy Alfonso dan Yusriwan, kemudian memanggil satu persatu pemilik suara dan mempersilahkan mencoblos dan memasukan ke kotak suara. Sedangkan yang daring, memilih melalui kanal website https://vote.kongres6ikaunand.org.

"Pemilik suara, setelah diverifikasi SC, akhirnya menetapkan 35 pemilik suara sah Kongres VI IKA Unand," ujar Shadiq Pasadique.

Setelah pemungutan suara offline, Shadiq melanjutkan pemilihan secara online dengan menghubungi voters.

Setelah pemilihan ketua umum, kata Shadiq, selanjutannya dilakukan pemilihan dan penetapan mide formatur yang berjumlah empat orang.

"Mide Formatur bersama ketua terpilih sekaligus ketua formatur, bertugas menyusun kepengurusan DPP IKA Unand periode 2021-2025," ujar Shadiq.

Kompisisi Kongres VI IKA Unand hybrid kali ini, pemilik suara memilih offline 13 dan memilih online 22 pemilik suara.

Manfaatkan Teknologi Informasi

Saat penutupan, Ketua Komite Pelaksana, Insannul Kamil mengatakan, alumni Unand telah memberikan sebuah model pelaksanaan kegiatan di masa pandemi Covid19 pada publik Sumatera Barat bahkan Indonesia secara umum.

"Covid19 ini tak jadi penghalang bagi kita untuk beraktivitas. Mari manfaatkan kemajuan teknologi informasi," terang Insanul Kamil.

Selain itu, Insanul Kamil yang juga Wakil Rektor III Unand mengajak Wagub Sumbar, Audy Joinaldy untuk berkolaborasi dengan Unand beserta 140 ribu orang alumninya yang tersebar di berbagai belahan dunia.

"Kita kembangkan karpet merah untuk Pemprov Sumbar. Silahkan manfaatkan potensi yang kami miliki untuk kemajuan Sumatera Barat khususnya dan Indonesia secara umum," terang Nanuk, demikian dia karib disapa.

Sementara, Audy Joinaldy berterima kasih pada alumni Unand yang telah menjalankan protokol kesehatan secara ketat selama pelaksanaan Kongres VI. Dia juga memastikan, Pemprov Sumbar terbuka untuk bekerjasama dengan Unand dan lembaga perguruan tinggi lainnya di Sumatera Barat.

"Pada ketua umum terpilih, Pak Rustian, saya ucapkan selamat dan mari kita saling memberikan yang terbaik," ajaknya.

Di kesempatan itu, Audy juga menyampaikan, bahwa dia telah terdaftar sebagai mahasiswa pascasarjana Unand. "Jika saya bisa menamatkan tepat waktu selama dua tahun kedepan, maka ini akan jadi almamater saya yang kelima," ungkap Audy.

Sebelumnya, Ketua Umum IKA Unand demisioner, Asman Abnur mengatakan, organisasi alumni Unand ini selayaknya dipimpin dalam satu kali periode saja. "Semoga, ketua terpilih nanti, bisa memberikan yang terbaik untuk kedjajaan bangsa," harapnya. (*)